Budidaya jangkrik


Cara budidaya jangkrik bagi pemula -  Ada dua cara budidaya jangkrik, yakni dari telur atau bibit indukan. Bagi pemula, tinggal mana yang disukai. Soal jumlah, bisa satu kandang, dua atau empat kandang, tergantung besar modalnya.
Langkah-langkah beternak jangkrik
Bibit telur
Bibit telur jangkrik bisa dibeli dari pedagang jangkrik di pasar burung. Tidak ada jaminan telur menetas semua, paling 70%, atau bahkan tidak menetas. Telur yang bagus berwarna putih atau kekuning-kuningan, tak ada flek hitam di tengah (tanda telur mati). Yang bengkok atau hitam semua, jelek. Kalau hitamnya hanya di ujung, telur itu sudah tua, mau menetas.
Penetasan.
Telur yang sudah terbungkus kain lembap diletakkan dalam wadah penetasan, semisal toples. Umur telur yang dijual di pasar bervariasi, mulai dari H-2 (kurang dua hari menetas), H-3 (kurang tiga hari), atau H-4 (kurang empat hari menetas), dst. Telur menetas kurang lebih 8 – 10 hari sejak dipanen.
Anak-anak jangkrik yang baru menetas berwarna terang dan berubah menjadi hitam atau kecoklatan beberapa jam kemudian. Kalau ada yang menetas, kain harus segera dibuka, dan anak jangkrik “diusir” keluar dari kain itu. Kalau tidak, anakan itu bisa mati atau saling memakan sesamanya, atau memakan telur yang belum menetas.
Tunggu sampai 2 – 4 hari setelah menetas. Kalau telur belum juga habis, mungkin masih ada telur yang belum saatnya menetas, telur mati atau busuk. Telur mati berwarna coklat mengkilap atau hitam berjamur. Kalau telur berjamur atau busuk, pertanda kelembapannya terlalu tinggi. Sebaliknya, terlampau kering, telur akan mati.Pakan sayuran.
Pakan jangkrik baru menetas berupa sayuran seperti sawi, bayam, kangkung, gambas, wortel atau kulit wortel, kulit pisang, dll. Wortel, timun, atau sayuran berair dipotong-potong sebesar batang korek api, supaya anak jangkrik tidak menempel di permukaannya yang basah dan mati. Juga jangan sampai terkena percikan air, karena bisa mematikan anak jangkrik yang baru menetas.
Untuk anak jangkrik muda, pakan diberikan sehari sekali, pagi atau sore. Sebelum dikasih pakan baru, sisa pakan sebelumnya diangkat dulu.
Kandang pembesaran
Setelah berumur lebih dari 10 hari, anak jangkrik bisa diberi pakan tambahan berupa ramuan. Pakan ramuan ditaruh dalam wadah agak datar, seperti tatakan gelas/cangkir. Penempatannya di ujung-ujung kandang. Meskipun sudah diberi pakan ramuan, sayuran tetap diberikan. Ramuan itu bisa berupa campuran tepung kedelai, tepung beras merah, tepung kacang hijau, tepung jagung, dan tepung ikan.
Tidak perlu disediakan minum. Dedaunan jangan disemprot air karena bisa bikin tubuh jangkrik lembek dan cepat mati.
Umur 10 hari ke atas, anak jangkrik bisa dibesarkan di alam (bila ingin menghasilkan indukan alam). Atau, mereka bisa dipindah dari stoples ke kandang pembesaran berukuran 90 cm (panjang) x 30 cm (lebar) x 60 cm (tinggi). Bisa juga pakai drum bekas. Ukuran kandang tidak baku, bisa lebih besar atau lebih kecil, tergantung jumlah jangkrik. Yang penting kandang aman dari semut, tikus, dan cicak. Kandang tidak tercemar bebauan bahan kimia yang bisa mematikan jangkrik.
Panen clondo atau indukan
Umur 30 – 40 hari, anak jangkrik tumbuh menjadi clondo atau dogolan (jangkrik muda). Clondo bisa dipanen dan dijual sebagai pakan burung dan ikan arwana.
Kalau belum ingin menjual, clondo bisa terus dipelihara untuk dijadikan indukan. Kira-kira berumur 2 – 4 bulan. Indukan ini bisa dijual atau dijadikan bibit untuk menghasilkan telur.2. Bibit indukan
Bibit indukan dijual di pasar burung. Indukan yang bagus berpantat panjang, hitam atau coklat kehitaman, dan “jarumnya” juga sudah hitam. Biasanya jangkrik punya tanda “kalung” di “leher”. Sepasang harganya Rp 1.000,- – Rp 1.500,-. Pilih jangkrik dengan sungut (antena) masih lengkap.
Kandang indukan
Kandang bisa dibuat sendiri dari bahan kayu dan tripleks. Atau membeli kandang jadi, harganya Rp 150 ribu – Rp 200 ribu. Ukuran kandang 90 – 120 cm (panjang) x 30 cm (lebar) x 60 cm (tinggi), tergantung jumlah jangkrik.
Pakannya sama seperti jangkrik dewasa yakni pakan ramuan dan dedaunan. Bisa pula diberi taoge, jagung muda, dan vitamin khusus jangkrik yang disemprotkan pakai semprotan ke sayuran supaya menghasilkan banyak telur.
Tempat bertelur
Perbandingan jantan dan betina 1 : 5 (ada juga 1 : 10). Ada kalanya makin kecil rasionya, hasil telur makin banyak. Karena seekor betina bisa dibuahi berkali-kali oleh banyak pejantan.
Di alam, jangkrik betina yang akan bertelur menyuntikkan ujung “jarumnya” ke celah-celah tanah lembap. Oleh karena itu, dalam budidaya jangkrik kelembapan perlu dijaga.
Untuk sarang bertelur, dalam kandang disediakan media pasir halus dalam wadah ceper (tatakan cangkir) dengan kedalaman 1,5 – 2 cm. Pasir dicuci bersih atau disangrai dulu. Jangkrik akan menusukkan “jarumnya” berulang-ulang ke dalam media pasir. Jumlah telur kira-kira 150 – 300 butir per ekor. Media bertelur bisa juga dari tumpukan kain berpori kasar yang dilembapi.
Setelah bertelur, jangkrik betina kehabisan energi dan 15 – 30 hari kemudian mati. Ada juga jangkrik betina yang kuat dan dapat kawin lagi setelah periode bertelur pertama. Hanya saja mutu telurnya kurang bagus.
Panen telur
Untuk memanen telur dalam media pasir, perlu diayak dan telur akan tertinggal di ayakan. Kalau medianya kain, telur-telur yang menancap pada pori-pori kain disapu pakai kuas kecil supaya terlepas.
Telur yang sudah dipanen diletakkan di atas sepotong kain lembap kemudian kain dilipat, dan diberi catatan tanggal bertelur supaya usia telur diketahui. Telur-telur yang terbungkus kain lembap itu disimpan dalam stoples dan siap dijual sebagai bibit atau ditetaskan sendiri.
Demikian artikel mengenai Cara budidaya jangkrik bagi pemula. Semoga bermanfaat
sumber:ternak-budidaya
Tags:

2 comments

  1. Terimakasih infonya gan akan saya coba terapkan di tempat saya di perumahan di lamongan

    ReplyDelete
  2. Terimakasih infonya gan akan saya coba terapkan di tempat saya di perumahan di lamongan

    ReplyDelete