Cara Membuat kolam TErpal

Cara membuat kolam terpal - membuat Kolam dengan terpal merupakan salah satu alternatif kolam budidaya lele yang relatif murah jika dibandingkan dengan kolam lain seperti kolam tanah dan kolam beton. Kolam terpal juga mampu mengatasi berbagai resiko yang terjadi pada kolam tanah maupun kolam beton.
Kolam terpal sendiri dibuat dengan menggunakan terpal pabrikan yang dipres sehingga air tidak bocor. Lahan yang dapat dimanfaatkan sebagai tempat kolam terpal juga dapat berupa tanah tak terpakai, halaman belakang rumah, garasi yang tak terpakai, dan lahan-lahan tak terpakai lainnya.
Beberapa keuntungan positif menggunakan kolam terpal dibanding menggunakan kolam tanah atau kolam beton adalah:
  • Terhindar dari pemangsaan ikan liar ataupun terhindar dari ikan liar yang berpotensi untuk berkompetisi dengan lele dalam kolam untuk makanan.
  • Dapat dilengkapi dengan pengatur volume air yang bermanfaat untuk mempermudah penggantian air maupun proses panen. Ketinggian air juga dapat lebih mudah diatur sesuai dengan usia ikan.
  • Lebih mudah dan murah untuk diduplikasi, sehingga dapat dikembangkan sebagai usaha mikro maupun makro.
  • Lele relatif tidak berbau dibandingkan jika dikembangkan dengan metode kolam lainnya.
  • Tidak memerlukan banyak lahan untuk mengoperasikannya. Kolam terpal juga dapat dengan mudah dipindahkan tidak seperti kolam tanah atau kolam beton yang memerlukan lahan permanen.
Langkah – Langkah Cara Membuat Kolam Ikan Terpal
  • Lokasi kolam yang terbuka
  • Rangka kolam (untuk kolam ikan terpal dipermukaan) berupa kayu, bamboo, atau baja.
  • Pengikat rangka kolam terpal berupa , tali, paku atau baut. Tapi khusus untuk kolam ikan terpal yang disangga dengan batu batako maka cukup disusun seperti menyusun batu merah untuk rumah dengna cara selang seling pada sisinya.
  • Terpal kolam ikan yang ukurannya disesuaikan dengan luas kolam
  • Tali untuk mengikat ujung terpal agar tidak turun ke dalam kolam ikan. Untuk yang tahan lama sebaiknya menggunakan tali nilon atau tambang plastic, jangan tali rapia.
  • Pipa lubang pembuangan pada pojok bawah terpal yang bisa dibuat dari potongan pipa atau dibeli langsung di toko bangunan.
  • Sekam atau gabah yang telah dibakar. Ini khusus yang membuat kolam ikan terpal gurami. Caranya ditaruh dibawah alas kolam terpal (bukan di dasar kolam) yang berguna menjaga suhu air pada kolam di malam hari.
Tags: ×
× Next »

5 comments

  1. kolam terpal kayaknya media yang praktis dan mudah dibuat dimanapun, trimakasih ya bro,
    saya juga ingin membuat kolam terpal ah, buat memelihara ikan ikan saya

    ReplyDelete
  2. thansk banget infonya sangat membantu

    ReplyDelete
  3. info yang bermanfaat gan jika mau pesan terpal segala jenis bisa dikami gan (indoplastik)
    info lebih lanjut bisa email ke my_indoplastik@yahoo.com atau kunjungi web kami di http://www.indoplastik.com

    ReplyDelete
  4. Terimakasih atas informasinya,dan jangan lupa kunjungi kami di https://goo.gl/RxfVnu

    ReplyDelete